Selasa, 16 April 2013

Jangan Bergantung pada SvD, Persib!



Oleh : Mohamad Rian Ari Sandi

sumber gambar : http://jaringnews.com/olahraga/sepakbola/37527/persib-merasa-beruntung-bisa-dapatkan-sergio-van-dijk
 
Sergio van Dijk! Sepertinya nama pemain berkepala pelontos ini sudah sangat familiar di kancah persepakbolaan nasional. Apalagi jika lingkupnya di kalangan masyarakat penggemar sepakbola Jawa Barat yang notabene basis pendukung Persib Bandung. Ya, walaupun tidak bermain dari awal musim bergulir, SvD tetap mampu membuat para penggemar sepakbola Indonesia umumnya dan para bobotoh pada khususnya berdecak kagum. Pertandingan melawan Persita Tanggerang, Senin 15/4/2013 kemarin,  seolah kembali mempertegas bahwa kualitasnya memang luar biasa. SvD berperan besar membantu Persib menunmbangkan Persita dengan skor mencolok 5-1.
        Di pertandingan itu SvD tampil sangat baik. Pergerakannya sepanjang 90 menit pertandingan mampu membuat pertahanan Persita kocar-kacir. Buktinya, ia memberikan dua asisst terhadap terciptanya gol yang dilesakkan oleh M Ridwan dan Airlangga.
        Saat pertandingan seperti sudah akan selesai dan bobotoh sudah cukup puas dengan penampilan Persib, SvD seakan memberikan kepuasan lebih kepada bobotoh dengan mencetak gol spektakuler. Golnya tersebut melengkapi dua assist yang sudah dibuatnya, sekaligus menyempurnakan penampilannya pada pertandingan tersebut.
        Penampilan apik SvD kemarin tentu membuat para bobotoh semakin mencintainya. Catatan 10 gol dalam 10 pertandingan boleh dibilang merupakan catatan spesial karena tidak semua penyerang bisa melakukannya. Di sisi lain kita tentu senang Persib memiliki kartu truf baru dalam mengarungi jalannya kompetisi ISL musim ini. Namun di sisi lain kita juga tidak boleh memberikan ekspektasi berlebihan kepada SvD. Apalagi jika Persib terlalu bergantung kepada SvD seorang.
        Rasanya masih cukup segar dalam ingatan kita pada beberapa musim yang lalu ketika Persib ditinggalkan Beckamenga. Saat itu Persib dalam posisi yang bagus untuk meraih gelar juara dengan Beckamenga sebagai senjata utama dalam mencetak gol. Namun kondisinya berubah drastis ketika Beckamenga meninggalkan tim di tengah jalan. Kepergian Beckamenga berimplikasi kepada seretnya keran gol Persib dan sulitnya Persib dalam meraih kemenangan. Walaupun tidak dapat dipungkiri ada juga faktor lain yang menyebabkan menurunnya penampilan Persib sebelum kepergian Beckamenga, tetapi kepergian Beckamengan tetap lah dirasakan memberi dampak cukup besar kepada menurunnya grafik penampilan tim. Pada akhirnya kita semua tahu, posisi puncak klasemen wilayah barat yang digenggam di paruh musim tidak bisa dipertahankan. Malah, Persib terlempar ke posisi lima dan secara otomatis tidak bisa melaju ke babak 8 besar.
        Pengalaman tersebut hendaknya menjadi pelajaran berharga bagi tim Persib saat ini. Jangan sampai seluruh komponen tim baik itu manajemen, pelatih, pemain, dan bobotoh terlalu bergantung pada seorang SvD. Karena tidak menutup kemungkinan di tengah jalan ada sesuatu hal yang membuat SvD absen bermain atau performanya menurun. Tentu kita semua berharap bahwa SvD bisa terus tampil konsisten. Namun alangkah lebih baik jika para pelatih mengingat falsafah “sedia payung sebelum hujan”
. Artinya, pelatih harus mempersiapkan dari saat ini komposisi dan strategi tim manakala SvD absen atau tidak tampil baik. Sehingga pada waktunya SvD absen atau tidak tampil baik tidak terlalu berpengaruh terhadap penampilan tim secara keseluruhan dan Persib bisa terus melanjutkan tren kemenangan.
        Semoga musim ini bisa menjadi pelepas dahaga gelar juara liga. Masyarakat sepak bola Jawa Barat sudah merindukan ingin melihat tim kebanggaannya kembali menjadi jawara. Go Persib go!

Tulisan ini juga dimuat di http://olahraga.kompasiana.com/bola/2013/04/16/jangan-bergantung-pada-svd-persib-551741.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar