Minggu, 15 September 2013

Tegas Menghadapi Kebosanan


Intan KP
Apa yang harus dilakukan saat menghadapi kebosanan tiada berujung? Merasa apapun yang dilakukan tidak sesuai dengan keinginan dan hati juga merasa hampa. Bosan dengan keadaan dan merasa semua yang ada di sekitar adalah musuhnya. Yang diingnkan adalah pergi ke suatu tempat dan suatu keadaan di mana di sana bisa mendapat yang diinginkan.
Wajar setiap orang merasakan bosan. Hidup ini terlalu rumit untuk begitu dipkirkan sedemikian dalam. Akan tetapi rumitnya hidup ini tidak lantas membuat setiap orang berhenti dan tidak mau hidup. Rumitnya hidup justru membuat orang semakin ingin hidup dan terus survive. Karena hidup bukan hidup jika tanpa kebosanan.
Merasakan kebosanan dalam hidup menendakan bahwa kita adalah manusia biasa. Robot tidak akan pernah merasakan bosan, karena ia tidak memilki hati untuk merasakan keadaan sekitar. Sedangkan kita adalah manusia yang dibekali akal untuk berpikir dan hati untuk merasakan. Tumpulnya hati dan pikiran manusia menandakan ia menjadi seorang robot, yang melakukan segala sesuatu berdasarkan intruksi yang diinput ke dalam file otaknya.
Kebosanan harus dilawan hingga kebosanan itu sendiri yang akan mengatakan pada kita bahwa ia sudah bosan mengejar-ngejar kita. Kebosanan jangan sampai membuat kita lelah, justru kita sendiri yang harus membuat kebosanan itu lelah mengejar kita. Semua yang dipaksakan tidka selamanya menyiksa dan memberatkan, semua yang dipaksakan tidak semuanya jelek. Kita tahu, bayi yang tidak dipaksa untuk keluar dari rahim ibunya maka akan lama keluar. Begitupun dengan perasaan, memaksanan untuk melawan rasa bosan bukan hal yang buruk. I think.
Nikmatilah hidup. Dengan cara tidak mempersulit keadaan yang sudah sulit. Ceriakan hidup. Dengan cara selalu tersenyum di saat keadaan sebenarnya sedang tidak tersenyum padamu. Semangatlah mengahadapi hidup. Dengan cara terus berkarya, walalu jemari ini lelah menari di atas keyboard. Bergeraklah terus, sampai akhirnya waktu sendiri yang menghentikan untuk bergerak. J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar