Jumat, 23 November 2012

Inilah MUSIK !


Gairah sebuah Kejujuran, itulah Musik, atau kita bisa definiskan musik secara harfiah,yaitu suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama dan keharmonisan yang dihasilkan dari alat yang bisa menghasilkan bunyi-bunyian. Sebuah bagian dari seni yang mencipta fenomena yang luar biasa, menjadi penyejuk dan pelangkap kehidupan, karena saat kita bicara Musik itulah kehidupan dimana didalamnya ada berbagai perasaan yang tertanam dalam hati kita, bahagia atah berduka dalam hati terungkap dalam alunan nada penuh makna, pencipta rasa peraih asa bernama Musik.
Segala sesuatu memiliki sejarah begitu juga musik, tapi tak ada yang mengetahui pasti kapan dan oleh siapa musik itu ditemukan, tapi yang pasti saat manusia tercipta, musikpun hadir dalam keadaan yang belum sempurna, hanya dalm bentuk suara-suara yang belum padu, namun ada pendapat bahwa musik mulai tercipta saat masa purba, manusia yang hidup berpindah-pindah melakukan sebuah kegiatan meniup tulang-tulang binatang yang mereka makan hingga menghasilkan bunyi, ada juga yang berpikir bahwa musik pertama yang keluar adalah saat manusia purba meniup bambu berongga hingga menghasilkan suara.
Tak habis jika bicara sejarah musik karena semua bisa berspekulasi musik seperti apa yang pertama tercipta dibumi ini, namun apapun itu, kita bersyukur karena Musik telah tercipta dan menjadi pelengkap kehidupan dengan sejuta keindahan didalamnya.
Setelah musik ada, mulailah ada pembagian jenis musik atau lebih sering disebut sebagai Genre, secara umum genre musik ini terbagi menjadi dua, yaitu Musik Klasik dan Musik Populer. Musik Klasik adalah sjenis musik yang mengacu apda teori bentuk musik Klasik Eropa, jenis ini bisa dibilang abadi karena merupakan dasar musik sehingga bisa bertahan tanpa lekang oleh waktu, Indonesia juga memperkenalkan anak bangsa yang menciptakan jenis musik ini, seperti Amir Pasaribu, Tri Suci Kamal, Slamet Abdul Kodir, dan masih banyak nama lain yang mengusung musik murni ini.
Sedangkan Musik Populer adalah musik yang sesuai dengan keadaan zaman saat ini, sehingga akrab ditelinga kebanyakan orang. Musik Populer memiliki beragam genre seperti Pop, Punk, Jazz, Blues, Rock, Gospel, Underground dan lainnya. Tak sulit mencari jenis musik populer, karena genre yang beragam membuat orang mudah mencari passion sesuai dengan aliran yang keluar dari musik itu sendiri.
Indonesia lebih berkembang dijenis musik populer, talent yang dari anak bangsa membuat Indonesia punya banyak "Garuda" yang mampu memberikan kebanggaan dengan karya lewat musik mereka. Berbagai genre mereka usung sesuai dengan gairah mereka, dari zaman dahulu kita tahu ada banyak grup musik atau penyanyi solo yang menghasilkan karya gemilang seperti The Tielman Brothers, Godbless, Koes Plus, Bimbo, D'Lloyd, The Mercy's, Panbers dan grup lainnya, ada juga para penyanyi solo seperti Broery, Rachmat Kartolo, Titik Puspa, Iwan Fals dan lainnya yang mengisi blantika musik Indonesia dengan kejujuran hati dalam berkarya.
Bermusik adalah suatu kejujuran dimana kita mengungkapkan rasa lewat alunan musik dan lirik, tapi miris melihat kenyataan sekarang saat musik hanya menjadi ranah mencari popularitas, sehingga yang ditampilkan hanya kuantitas tanpa memikirkan kualitas, begitu mudah sekelompok orang yang mengaku "pemusik" masuk ke blantika musik Indonesia, tanpa menghasilkan karya yang membanggakan, karena mereka hanya membawa misi polularitas bukan kejujuran dalam bermusik.
Tapi kita masih harus beri apresiasi kepada para pemusik yang masih mau jujur dalam berkarya, memikirkan kualitas untuk menciptkan karya yang gemilang untuk kebanggaan bangsa, banyak para pemusik yang masih jujur dalam berkarya, sebagai contoh ada beberapa, seperti di musik Jazz yang masih punya anak muda yang berdedikasi untuk musik indah ini, Barry Likumahua Project, Endah n Rhesa, Mocca, Maliq 'n' D'essentials juga lainnya, selain Jazz ada juga musik Blues yang bisa dibilang minim peminat namun mampu bangkit dengan adanya Gugun Blues Shelter yang terus mengharumkan bangsa, dalam musik Rock kita masih punya GIGI, Jamrud, /rif, Koil, Boomerang dan Slank yang tetap berusaha menjaga konsistensi untuk selalu teriak, selain band besar tadi ada nama The SIGIT yang karya Rock'n'Roll nya selalu dinanti para fansnya. Punk juga tak dibiarkan punah dengan adanya Superman Is Dead dan Netral, musik Pop juga masih punya pejuang seperti Padi, So7, Nidji dan Noah, juga Burgerkill yang terus berdetak dimusik Underground dengan segudang prestasinya. Untuk sebuah kejujuran agar tetap menjaga idealisme bermusik ada anak-anak muda yang berjuang dengan terus berkarya dengan rasa, seperti Efek Rumah Kaca, Rocket Rockers, Alone At Last* dan lainnya.
Sebenarnya masih banyak para musisi yang tetap berusaha memberikan karya yang jujur dengan tidak menjadi musisi yang "ikut-ikutan", namun kadang mereka kurang terpublish, akibat banyaknya "musisi instan" yang masuk blantika musik Indonesia.
Semoga Indonesia bisa kembali berjaya dalam kancah musik dunia, dengan memberikan musik yang berkualitas, bukan sekedar mencari ketenaran. Musik adalah Gairah Sebuah Kejujuran, terus berkarya untuk membuat Garuda Bangga dengan Musik Kita.
(ALAM)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar