Sabtu, 22 Desember 2012

Bosan

Seringkali kita terjebak dalam rutinitas harian yang menjemukan. Tidak jarang pula kita merasa ingin rutinitas itu berhenti sejenak dan diganti dengan aktifitas yang lain yang lebih segar. Bahkan lebih ekstrim lagi kita mungkin pernah terlintas pikiran untuk menghentikan hari. Itu perasaan yang wajar yang dirasakan oleh setiap insan yang bernyawa.
Perasaan bosan yang sesekali hadir adalah bumbu kehidupan. Bosan membuktikan bahwa selama ini kita serius dalam bekerja, oleh karenanya datang titik jenuh tersebut. Orang yang tidak pernah merasakan bosan justru tidak normal. Kita ini manusia bukan robot yang bisa secara mekanin bekerja dibawah intruksi. Manusia perlu sesekali merefresh pikiran dan hatinya. Bosan bukan berarti kita telah tidak cocok dengan pekerjaan kita. Dan bukan berarti pula kita harus berpindah kerja atau aktifitas.
Saat kita bosan dengan aktifitas yang itu-itu saja, lakukanlah hal-hal berikut:
1.    Membeli coklat. Menurut penelitian coklat bisa merangsang otak untuk mengeluarkan dopamine sehingga perasaan menjadi senang.
2.    Makan sup asparagus. Juga salah satu makanan yang bisa membuat perasaan rileks. Tapi saya juga belum tau seperti apa asparagus itu, hehe.
3.    Hindari memakan makanan pedas. Walau ada orang yang mengatakan “tambah stress, makan pedes jadi ilang sterssnya”. Itu keliru. Memang sesaat sensai pedas itu bagi sebagian orang bisa membuat segar pikiran. Tapi ada efek yang berbahaya dari pedas saat kita sedang bosan, stress ataupun mood jelek. Asam lambung yang berkombinasi dengan pikiran berat akan berakibat pada hormonal tubuh yang tidak seimbang. Contoh: tumbuh jerawat berlebih, muntah, beban pikiran terasa makin berat, muka pucat, dan sebagainya.
4.    Saat bosan , jangan biarkan kamar atau tempat pribadi seperti kamar tidur berantakan. Melihat sesuatu yang tak beraturan akan membuat sugesti negatif ke dalam pikiran. Jad bereskan ya walau sedang streeessss. Hihii
5.    Jangan update status dif b atau jejaring sosial manapun. Itu akan membuat perasaan bosan semakin kuat. Jangan juga bercerita berlebihan kepada orang. Semakin dikatakan akan semakin teringat dalam hati dan pikiran.
 Cukup segitu dulu. Mugia aya mangpaatna. ( INtan KP)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar