Jumat, 28 Desember 2012

Dengarkan !












Oleh: Alam S Pratama


Bicara adalah hal yang bisa menjadi kunci seseorang dalam mempengaruhi orang lain, banyak orang yang seperti terhipnotis saat mendengar orang berbicara, karena cara menyampaikan yang menarik atau karena isinya yang berbobot, sebagai contoh kita tahu sosok Bung Karno dan Bung Tomo para pahlawan yang memiliki charisma kuat saat berbicara didepan khalayak sehingga mampu membakar semangat para pendengarnya.

Tapi ada hal penting yang seharusnya kita kuasai sebelum kita bicara, yaitu kemampuan untuk mendengar, bukan sekedar mendengar tapi belajar menghargai pembicara dan memahami apa yang dikatakan. Kebanyakan orang suka berbicara dan ingin didengarkan, tapi saat dia harus menjadi pendengar, dia tidak menghargai dan memahami pembicara dan isi bicaranya.

Mendengarkan sejatinya adalah kunci untuk mempengaruhi, karena mendengarkan memberikan manfaat meningkatkan pengetahuan, membangkitkan ide, membangun loyalitas, dan menunjukan rasa hormat terhadap orang lain. Sepintas, mendengar hanya menguntungkan si pembicara, padahal sebenarnya melalui mendengarkan kita dapat mengumpulkan informasi berharga dan meningkatkan pemahaman kita terhadap diri sendiri dan orang lain.

Herb Cohen, salah seorang negosiator terbaik dunia mengatakan, "Mendengarkan secara efektif membutuhkan lebih dari sekedar mendengarkan kata-kata yang disampaikan orang. Mendengarkan menuntut Anda menemukan makna dan pemahaman atas apa yang sedang dikatakan. Lagi pula, makna bukan terletak di dalam kata kata, melainkan di dalam seseorang."

Jadi mari kita mulai menjadi pendengar yang baik, agar dapat menjadi pembicara yang baik, belajar untuk lebih saling menghargai siapapun yang sedang berbicara Hanya orang-orang  berpengaruh yang memahami nilai luar biasa jadi pendengar yang baik.
          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar