Jumat, 28 Desember 2012

Ledakan Film 2012













Oleh : Alam Syah Pratama


Tahun 2012 dalam beberapa tahun yang lalu menjadi tahun yang angker, karena prediksi kiamat yang diramalkan oleh Suku Maya, namun dibulan Desember ini kita semua seluruh umat manusia bersaksi bahwa kiamat tidak terjadi di tanggal 21-12-2012, karena kiamat bukan ditentukan oleh ramalan atau kalender, sejatinya kiamat hanya rahasia Sang Penguasa Alam.
Tapi ditahun ini Indonesia memiliki ledakan yang sangat besar dalam dunia perfilman, ledakan yang ditorehakn oleh para insan film, lewat film yang menakjubkan, berkualitas tinggi, dan tak sekedar menjadi sebuah tontonan, tapi seni yang bercita rasa tinggi.
Cukup banyak film berkualitas yang menetas ditahun ini, meskipun masih ada saja film-film semu yang hanya menjual paras cantik dan badan seksi pemainnya lewat film bergenre horror. Tapi bersyukur setidaknya ada 3 film ditahun ini yamng menurut saya luar biasa, The Raid, 5cm dan Habibi & Ainun.
The Raid, film yang mampu menembus Hollywood ini dibintangi oleh aktor laga Iko Uwais , film yang menceritakan tentang pasukan elit yang membekukan sarang mafia ini, membuat kita benar-benar seperti melihat film aksi Hollywood dengan pemain lokal dan teknik silat yang memukau. Cerita yang menarik, saat Iko Uwais harus menyadari bahwa salah satu kawanan mafia yang harus dia taklukan adalah kakaknya sendiri yang diperankan Donny Alamsyah, ditambah olah musik yang digarap oleh pentolan Linkin Park, Mike Shinoda, membuat film ini seperti air segar ditengah gersangnya dunia film Indonesia.
5cm, film ini diangkat dari novel best seller dengan judul yang sama, karya Donny Dhirgantoro. Menceritakan tentang 5 sahabat yang selalu menghabiskan waktu bersama, hingga akhirnya mereka memutuskan untuk berpisah sementara, pertemuan mereka menorehkan cerita yang sangat hebat, dimana mereka bertemu lagi untuk mendaki gunung tertinggi Jawa, Semeru. Kisah sarat emosi tentang persahabatan, cinta dan sebuah mimpi yang mengubah segalanya, dipadu dengan gagahnya puncak Mahameru, kapastias Rizal Mantovani sebagai sutradara yang tak usah diragukan, juga para pemain seperti Herjunot Ali, Raline Shah, Fedi Nuril, Pevita Pearce, Igor Saykoji dan Denny Sumargo, membuat kita seolah ikut berpetualang.
Habibi dan Ainun, film yang baru saja tayang sekitar sepekan, mampu menyihir jutaan penonton dalam waktu yang singkat, film yang menceritakan kisah Sang Jenius Habibi dan istrinya Ainun ini diangkat dari buku Habibi & Ainun yang ditulis oleh mantan Presiden itu sendiri, kisah yang benar-benar membuat kita mengerti arti Cinta Sejati ini diperankan apik oleh Reza Rahardian dan Bunga Citra Lestari. Tokoh Habibi diperankan total oleh Reza, dari cara berbicara, mimik muka, hingga gerak tubuh Habibi, benar-benar mampu dijiplak oleh peraih piala citra ini. Dalam film ini kita akan dibuat merasakan betapa besar cinta Habibi dan Ainun.
Itulah 3 Film yang menjadi ledakan di 2012 ini, suatu kebanggan bagi saya anak Indonesia memiliki film sehebat itu. Disinilah tempat para penonton yang tidak hanya menonton dengan mata, tapi dengan hati.

1 komentar:

  1. Satu lagi film berkualitas di 2012 yang mengajarkan kepada kita sebuah kecintaan kepada tanah air dengan tulus "Tanah Surga...Katanya" yang meraih 6 kategori penghargaan termasuk kategori film terbaik di FFI 2012.

    BalasHapus