Rabu, 05 Desember 2012

WAKTU


Oleh   : Pratama Syah Alam



Didunia ini ada satu hal yang berharga, tak perlu dibeli dan semua orang memilikinya, itulah waktu. Siapapun orangnya, tak pandang raja atau sultan tidak akan bisa mengulang waktu yang sudah terlewatkan. Tidak peduli seberapa kaya orang itu, seberapa penting jabatannya, waktu akan terus berjalan tanpa henti dan waktu tidak akan peduli apakah orang-orang melewatinya dengan duka atau bahagia.
Pada hakekatnya, setiap orang memiliki waktu yang sama 24 jam setiap harinya, tak akan ada yang kurang ataupun lebih sedetikpun, jadi hanya orang yang tidak bisa mengatur waktu yang sering beralibi tidak ada waktu untuk mengerjakan sesuatu.
Waktu adalah lintasan kejadian yang tidak mungkin dapat terulang, sedikitpun waktu tak akan sudi untuk mundur sedetikpun, maka banyak penyesalan-penyesalan yang terjadi dalam hidup kita, yang membuat kita semua mengharap waktu kembali untuk melakukan hal-hal yang baik dan memperbaiki kesalahan yang pernah kita lakukan. Sayangnya, waktu memang tidak akan pernah bisa terulang.
Untuk sebuah kesempurnaan memang membutuhkan proses, karena hal yang baik, tak bisa didapat secara instan, jadi kesalahan dan kegagalan adalah hal yang wajar untuk meraih sesuatu yang memang kita harapkan, George Bernard  Shaw pernah mengatakan, “Hidup dengan melakukan kesalahan akan tampak lebih terhormat daripada selalu benar karena tidak pernah melakukan apa-apa.”, jadikan kegagalan atau kesalahan itu sebagai suatu pendewasaan diri menuju pembenaran kehidupan, tinggal kita mencari kesempatan untuk memperbaikinya.
Anda kegagalan menghampiri, bukan berarti itu akhir segalanya. Belajarlah dari kesalahan, lalu berusahalah untuk tidak mengulanginya. Belajarlah memaafkan diri sendiri & memaafkan orang lain, karena kesalahan memang hal lumrah yang dimiliki manusia. Yang lalu biarlah berlalu, karena kita berjalan kedepan, jadi mulailah songsong harapan dan cita-cita baru untuk memperbaiki kehidupan kita. Mulaila perbaiki semua dari sekarang, karena waktu tak pernah berjalan mundur dan tak akan peduli andai kita gagal
Tak ada waktu yang tidak tepat untuk melakukan sesuatu yang benar.
(Martin Luther King, JR)

*Tulisan ini didedikasikan untuk sahabat saya Intan Kusuma Putri, Semangat untuk membenahi dan memperbaiki semuanya, jadikan masa lalu cerminan untuk langkah yang lebih baik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar