Selasa, 29 Januari 2013

4 JENIS KEKERASAN

Menurut psikiater internasional, Terry E. Lawson, ada empat jenis atau bentuk kekerasan yaitu emotional abuse, verbal abuse, physical abuse, dan sexual abuse.
Emotional Abuse (kekerasan emosional), terjadi ketika orang tua atau pengasuh mengabaikan anak setelah mengetahui ia meminta perhatian. Anak dibiarkan lapar karena orang tua terlalu sibuk dan tak mau diganggu. Kebutuhan anak untuk dipeluk dan dilindungi terabaikan. Orang tua yang secara emosional berlaku seperti ini telah berlaku keji pada anak dan anak akan mengingat semua kekersan emosional itu sepanjang hidupnya.
Verbal Abuse (kekerasan verbal), terjadi ketika orang tua atau pengasuh menyuruh anak diam atau tidak menangis setelah mengetahui ia meminta sesuatu dan meminta perhatian. Jika anak mulai bicara, orang tua terus-menerus melakukan kekerasan verbal dan berkata kasar, seperti:”kamu bodoh!”, “dasar cengeng, diaaamm!”. Keadaan demikian akan terekam dalam pikiran bawah sadar anak.
Physical Abuse (kekerasan fisik), terjadi ketika orang tua atau pengasuh memukul/menjewer/mencubit anak saat ia tidak bisa dikondisikan sesuai keinginan orang tua atau saat anak ingin sesuatu. Kondisi seperti inipun akan membuat anak selalu mengingat kekerasan fisik itu.
Sexual Abuse (kekerasan seksual), biasanya tidak terjadi selama 18 bulan pertama kehidupan. Eksploitasi seksual pada anak adalah ketergantungan. Kekerasan seksual lebih kepada pelecehan seksual pada anak.
Disadari atau tidak, umumnya orang tua melakukan 3 dari 4 kekerasan, meski dalam bobot yang berbeda-beda. (IKP 18)

2 komentar:

  1. Tulisan ini pendek dan sederhana, namun ia sangat informatif. Tulisan ini akan sangat berbobot, kalau ada sumber kutipan / referenis / daftar bacaannya

    BalasHapus
  2. Tulisan ini pendek dan sederhana, namun ia sangat informatif. Tulisan ini akan sangat berbobot, kalau ada sumber kutipan / referenis / daftar bacaannya

    BalasHapus