Jumat, 04 Januari 2013

Daftar Calon Independen yang Terpilih dalam Pemilukada




Oleh: Mohamad Rian Ari Sandi

            Di tengah semakin kecewanya masyarakat banyak terhadap kiprah parpol-parpol yang ada di Indonesia, kemunculan figur-figur yang mencalonkan diri menjadi calon kepala daerah dari jalur independen sesungguhnya memberikan secercah harapan tersendiri. Latar belakangnya yang non parpol membuat masyarakat memiliki ekspektasi besar kepada mereka. Masyarakat berharap jika calon dari jalur independen terpilih, mereka bisa bekerja dengan baik dan sepenuhnya memihak kepada rakyat. Karena selama ini jika figur yang terpilih menjadi pemimpin adalah calon yang diusung parpol, ketika sudah menjalankan amanahnya pemimpin tersebut sedikit banyak akan selalu mementingkan kepentingan parpol yang telah mengantarkannya terpilih menjadi pemimpin. Tentu bukan suatu masalah jika kepentingan parpol tersebut tidak mengesampingkan kepentingan rakyat, tetapi pada kenyataannya kepentingan parpol justru seringkali mengesampingkan kepentingan rakyat.
            Landasan hukum pengusungan calon kepala daerah dari jalur independen tertuang dalam UU Nomor 12/2008 tentang Perubahan Kedua atas UU Nomor 32/2004 tentang Pemerintahan Daerah. UU tersebut merupakan perubahan dari aturan sebelumnya untuk menyesuaikan dengan keputusan Mahkamah Konstitusi.
            Sejak dimungkinkannya pengusungan calon kepala daerah dari jalur independen pada tahun 2004, ternyata sudah ada beberapa pasangan calon independen yang berhasil memenangkan pemilukada. Sampai tahun 2012 ini tercatat sudah ada delapan pasangan calon yang mendapatkan amanat dari rakyat untuk menjadi pemimpin di daerah pemilihan masing-masing. Siapa saja mereka? Silahkan lihat tabel di bawah ini.


Tahun
Nama
Wilayah
2006
Irwandi Yusuf-M Nasir
Pilgub Nanggroe Aceh Darussalam (NAD)
2007
Tengku Nurdin Abdurrahman-Tengku Busmadar
Pilbup Bireun, NAD
2008
Christian N Dillak-Zacharias P Manafe
Pilbub Rote Ndou, NTT
2008
O K Arya Zulkarnain-Gong Martua Siregar
Pilbup Batubara, Sumatera Utara
2009
Aceng Fikri-Raden Dicky Chandra
Pilbup Garut, Jawa Barat
2010
Muda Mahendrawan-Andreas Muhrotien
Pilbup Kubu Raya, Kalimantan Barat
2011
Saifullah-MG Hadi Sutjipto
Pilbup Sidoardjo, Jawa Timur
2012
Jonas Salean-Hermanus Man
Pilwalkot Kota Kupang, NTT
(sumber: HU Pikiran-Rakyat/dari berbagai sumber)



Reportase ini juga dipublish di http://politik.kompasiana.com/2013/01/05/daftar-calon-independen-yang-terpilih-dalam-pemilukada-521704.html
               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar