Selasa, 29 Januari 2013

CANBERRA: The Bush Capital of Australia


“Mimpi, adalah kunci untuk kita menaklukan dunia. Meski Canberra bukan kota utama yang jadi tujuanku saat kelak menginjakan kaki di benua kanguru, namun aku yakin, inilah kota ketiga yang akan ku kunjungi setelah Perth dan Melbourn.”
Australia memang selalu menarik bagiku. Rasanya tidak ada bahasan tentang negeri bersih sampah ini yang tidak menarik imajinasiku untuk melayang ke sana. Tak bosan rasanya jika membicarakan negeri yang menguasai satu benua itu. Sejak tahu tentang keadaan geografis Australia dan keadaan kota-kota di sana, semakin terpincut hati ini tak kuat menahan asa ingin segera menginjakan kaki di bumi Aborigin. Sungguh negeri sekaligus behua yang bersih dan segar.
Setelah Perth yang memikatku dengan pesona Murdochnya dan Melbourne yang menyihirku dengan Melbourne Uni-nya, kini Canberra memikatkku kembali mengagumi Australia dengan ‘kemungilannya’.
Perlu sobat ingat saja, Canberra itu terbilang kecil ukuran kotanya untuk ukuran sebuah ibukota negara.  Bayangkan, dimana ada ibukota yang penduduknya hanya 300 orang? Cuma di Australia. Dan jika melihat keadaan demografis yang demikian, rasa-rasanya Canberra bukan kota yang menarik untuk dikunjungi. Tapi tunggu dulu, Canberra meski berpenduduk kalah jauh dengan 5 kota besar lainnya yang berjumlah jutaan, ternyata memilki berjuta keindahan yang memikat. Dan keindahannya itu kini, telah benar-benar memantapkan hati saya untuk melanjutkan S3 di sana (entah dengan cara dan jalan apa).
Oh ya, Canberra yang terbilang mini untuk ukuran ibukota ini dulunya telah memenangkan sayembara atas pemilihan tempat yang pas untuk dijadikan ibukota Australia. Sebelumnya Sydney dan Melbourne juga bersaing untuk menjadi ibukota Australia. Namun karena letak Canberra ada di tengah antara Sydney dan Melbourne, maka pada tahun 1972 pemerintah menetapakn Canberra sebagai ibukota Australia, ini hasil kesepakatan Sydney dan Melbourne.
Canberra juga dikenal sebagai kota pendidikan. Bayangkan dalam satu kota terdapat 5 universitas, dan salah satunya adalah ANU (Australian National University) yang tercatat sebagai peringkat 16 besar terbaik di dunia. Banyak mahasiswa Indonesia yang juga mengenyam pendidikan di ANU.
Canberra oh Canberra. Our sunburnt country, Floriade.
Cantik. Aku kira hanya Perth yang memiliki berjuta taman yang bisa memanjakan mata, tapi di Canberra juga ada, dan ternyata di setiap kota di Australia juga ada. Oooh Australia, indah, aku mau ke sana. (IKP 18)) J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar