Sabtu, 26 Januari 2013

Casillas Absen, Keuntungan untuk Setan Merah



Oleh: Mohamad Rian Ari Sandi, pendukung setia Manchester United



gambar: http://www.berani.co.id/images/upload/news/images/Real%20Madrid%20Vs%20MU.jpg

Iker Casillas diperkirakan harus absen cukup panjang setelah mengalami cidera retak tulang jempol pada saat melawan Valencia di leg kedua copa del rey di Estadion Mestalla, kamis dinihari WIB kemarin. Casillas harus keluar dari lapangan lebih cepat setelah tangannya secara tidak sengaja ditendang oleh rekannya sendiri, Alvaro Arbeloa, yang hendak membuang bola saat terjadi kemelut di depan gawang mereka. Posisi Casillas kemudian digantikan oleh kiper kedua yakni Antonio Adan. Untung saja Real Madrid mampu menahan imbang Valencia dengan skor 1-1 meskipun harus menyudahi pertandingan dengan sembilan pemain. Los Blancos berhak lolos ke semifinal copa del rey karena di leg kesatu sukses mengalahkan Soldado,dkk dua gol tanpa balas.
            Meskipun lega karena tim kesayangannya membuka peluang untuk kembali memenangkan piala raja, para Madridista harus menelan kekecewaan setelah mendapatkan pemberitaan tentang kabar dari cidera San Iker. Diberitakan bahwa karena cideranya tersebut Casillas dipastikan akan absen saat Real Madrid melakoni leg pertama babak 16 besar Liga Champions eropa kontra Manchester United di Santiago Bernabeu, 13/2. Absennya Casillas tentu merupakan sebuah kerugian yang sangat besar bagi El Real. Kemampuannya sebagai salah satu penjaga gawang terbaik di dunia sudah tidak perlu diragukan lagi. Tak ayal ini memberikan sebuah rasa aman bagi rekan-rekan setimnya yang lain terutama para defender. Selain itu posisinya sebagai kapten tim dan pemain yang paling lama membela El Real membuat keberadaannya juga sangat dibutuhkan untuk memimpin rekan-rekannya di dalam maupun di luar lapangan.
            Menghadapi pertandingan besar yakni menyambut kedatangan Manchester United di leg pertama babak 16 besar Liga Champions tanpa Casillas ,sungguh menimbulkan kekhawatiran tersendiri bagi kubu Madrid dan para pendukungnya. Antonio Adan yang selama ini menjadi pelapis Casillas belum cukup mampu membuktikan kemampuan terbaiknya. Hal ini tentu membuat manajer Jose Mourinho harus berpikir keras agar pertahannnya tidak mudah rapuh. Paling tidak para pemain bertahan Real Madrid harus diberikan instruksi agar bekerja ekstra untuk dapat menghadang serbuan para penyerang United. Karena saat ini MU diisi oleh para penyerang-penyerang yang sedang on fire, termasuk ketiga striker utama mereka yakni Robin van Persie, Wayne Rooney, dan Javier Hernandez. Terbukti sampai saat ini MU merupakan tim paling produktif di Liga Primer Inggris dengan melesakan 57 gol dari 23 pertandingan atau rata-rata 2,47 gol per laga.
            Absennya Casillas tidak hanya membuat The Special One harus memutar otak untuk meramu pertahanannya agar bisa melindungi Adan dengan baik, lebih dari itu ada hal lain yang tak kalah penting bagi Mourinho yaitu tentang siapa yang akan menyandang ban kapten pengganti Casillas? Jika merujuk pada pertandingan melawan Valencia kemarin dan pertandingan-pertandingan sebelumnya saat Casillas “diparkir” Mou di bangku cadangan, CR7 lah yang selalu mengemban amanah itu. Tapi melawan MU yang notabene merupakan tim yang sudah membesarkan namanya sampai seperti sekarang, mampukah CR7 mengemban amanah untuk memimpin rekan-rekannya? Tentu Mourinho dan Ronaldo sendiri lah yang punya jawabannya.
Namun kalau boleh berpendapat subyektif dari kacamata saya sebagai pendukung MU, ban kapten tersebut akan menambah beban tersendiri bagi Ronaldo. Bagaimanapun, terlepas dari sikap profesional yang pasti akan ditunjukan Ronaldo, jabatan ban kapten sebagai pengganti kapten tim sesungguhnya yang tidak bisa tampil saat melawan mantan rekan-rekannya di MU dahulu tentu bukanlah perkara mudah. Artinya beban Ronaldo akan berlipat, karena selain dituntut untuk tampil baik dan menjebol gawang MU, Ronaldo pun harus memimpin rekan-rekan setimnya selama pertandingan. Mampukah Cristiano? Kita tunggu saja.



Tulisan ini juga dipublish di: http://olahraga.kompasiana.com/bola/2013/01/26/casillas-absen-keuntungan-untuk-setan-merah-528099.html

1 komentar: